/* Adsense Autoads */

Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarier sebagai Akuntan Publik: Aplikasi TPB

(Studi Empiris pada Mahasiswa UNDIP)

Intisari:

Badan profesional akuntansi dan akademisi berusaha keras terkait isu mengenai rendahnya daya tarik profesi akuntansi di kalangan mahasiswa akuntansi sendiri. Sugahara dan Boland (2006) merekomendasikan dua cara untuk mendorong mahasiswa mengikuti certified public accountant (CPA) exam yaitu mendukung dan membantu mahasiswa yang memang berniat untuk berkarier sebagai akuntan publik serta mendorong mereka untuk tidak mengubah pilihan kariernya tersebut. Kedua, pihak akademisi perlu menginspirasi dan memotivasi mahasiswa yang belum tertarik menjadi akuntan publik (terutama pada mahasiswa akuntansi) mengenai reward dan keutamaan lain bila mereka menjadi akuntan publik. Untuk mewujudkan kedua hal tersebut, perlu diketahui persepsi mahasiswa sendiri mengenai akuntan publik. Dengan diketahuinya persepsi mereka terhadap profesi akuntan publik, pihak akademisi dan badan profesional akuntansi dapat mengembangkan strategi untuk menarik minat mahasiswa akuntansi berkarier sebagai akuntan publik.

Penelitian Sugahara dan Boland (2006) dilakukan di Jepang dengan pengambilan sampel 291 siswa dengan tingkat pendidikan yang beragam, mulai dari pre-high school hingga fourth year of university meliputi mahasiswa jurusan akuntansi dan nonakuntansi. Penelitian tersebut bermaksud membandingkan persepsi atas faktor-faktor apa saja yang membedakan pemilihan karier di antara mahasiswa akuntansi dan nonakuntansi.

Penelitian ini bermaksud memodifikasi penelitian Sugahara dan Boland (2006) menggunakan model theory of planned behavior (TPB) dengan ruang lingkup negara Indonesia, khususnya Universitas Diponegoro Semarang. Penelitian ini tidak bermaksud membandingkan persepsi antara mahasiswa akuntansi dan nonakuntansi, namun lebih berfokus dalam memprediksi apakah persepsi dan sikap yang dimiliki mahasiswa akuntansi pada profesi akuntan publik, norma subjektif, dan kontrol pada perilaku persepsian dapat mempengaruhi niat mahasiswa akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik karena niat kuat yang dimiliki mahasiswa akuntansi kemungkinan besar dapat menimbulkan adanya perilaku aktual yang diwujudkan dengan berkarier pada suatu profesi tertentu. Penelitian ini bermaksud untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh faktor persepsi dan sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku persepsian pada profesi akuntan publik terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik.

Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi tingkat akhir (S1) yang belum bekerja di Universitas Diponegoro sebanyak 140 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan mendistribusikan kuesioner baik secara langsung pada responden maupun secara elektronik. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan faktor norma subjektif dan kontrol perilaku persepsian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik. Sedangkan, faktor sikap dan persepsi pada profesi akuntan publik tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik.

Artikel akuntansi terkait: