/* Adsense Autoads */

Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR Disclosure) thd Kinerja Keuangan Perusahaan

Tugas Akhir / Skripsi Akuntansi
Disusun oleh: Ahmad Husnan
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Intisari:

Saat ini, pengambilan keputusan ekonomi hanya dengan melihat kinerja keuangan suatu perusahaan, sudah tidak menjadi relevan lagi. Eipstein dan Freedman (1994), dalam Kurnianto (2010) menemukan bahwa investor individual tertarik terhadap informasi sosial yang dilaporkan dalam laporan tahunan. Maka dibutuhkan suatu sarana yang dapat memberikan informasi mengenai aspek sosial, lingkungan dan keuangan secara sekaligus. Sarana tersebut dikenal dengan nama laporan keberlanjutan (sustainability).

Corporate Social Responsibility merupakan salah satu bentuk sustainability reporting yang menjadikan perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya (financial) saja. Tetapi tanggung jawab perusahaan harus berpijak pada triple bottom lines yaitu juga memperhatikan masalah sosial dan lingkungan (Daniri 2008) dalam Badjuri (2011).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan (Return On asset, Return on Equity, Return on Sales dan Current Rasio). Dalam penelitian ini kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan ROA, ROE, ROS dan Current Rasio. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility dengan 79 pengungkapan menurut GRI, sedangkan variabel dependennya adalah Kinerja Keuangan.

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Margarita Tsfsoura dan Berkeley (2004) yang meneliti tentang Corporate social responsibility and financial Performance yang Terdaftar di COMPUSTAT database. Meskipun penelitian ini merupakan replikasi, namun terdapat perbedaan dari penelitian sekarang dengan penelitian terdahulu mengenai sampel dan variabel dependen dalam penelitian. Penelitian terdahulu menganalisis perusahaan manufaktur pada tahun 1996 sampai 2000, sedangkan penelitian sekarang menganalisis perusahaan manufaktur dengan periode analisis dari tahun 2008 sampai 2011 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menambahkan variabel kinerja keuangan dengan pengukuran current Rasio. Sedangkan Persamaan penelitian sekarang dengan penelitian terdahulu yaitu menggunakan alat analisis yang sama.

Data dikumpulkan dengan metode dokumenter dan studi pustaka. Adapun sampel yang digunakan adalah 156 perusahaan selama empat periode. Penelitian ini menggunakan regresi linear untuk analisis data. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dan Return on Sales (ROS) tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dan Current Rasio.