/* Adsense Autoads */

Pengaruh Praktik Tata Kelola Perusahaan yg Baik thd Pengungkapan Lingkungan Perusahaan

(Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yg Terdaftar di BEI Tahun 2010-2011)

Tugas Akhir / Skripsi Akuntansi
Disusun oleh: Pradesta Ariningtika
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Intisari:

Beberapa penelitian empiris sebelumnya banyak berfokus pada pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dengan tata kelola perusahaan yang baik. Namun dalam penelitian ini lebih berfokus pada pengkajian pengaruh corporate governance terhadap CSR yang diproksikan dengan pengungkapan lingkungan perusahaan. Said, dkk (2009) dan Prior, D., Surroca, J. and Tribo, J. (2008) merupakan artikel yang mengeksplorasi hubungan antara CSR dan manajemen laba. Penelitian yang dilakukan Prior, dkk. (2008) menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh positif dari praktik manajemen laba (earnings management) terhadap CSR. Sedangkan Said, Zainuddin dan Haron. (2009) menemukan adanya hubungan kepemilikan pemerintah, dan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap luas Corporate Social Responsibility.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik tata kelola perusahaan yang baik terhadap pengungkapan lingkungan perusahaan. Praktik tata kelola perusahaan yang baik diproksikan oleh proporsi dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, ukuran komite audit dan jumlah rapat komite audit. Penelitian ini juga menyertakan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage sebagai variabel kontrol.

Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Sun, Salama, Hussainey dan Habbash (2010). Penelitian terdahulu dilakukan oleh Sun,dkk., (2010) dengan setting di Inggris pada perusahaan yang terdaftar di Financial Times and the London Stock Exchange (FTSE) antara tahun 2006-2007 yang meneliti hubungan antara pengungkapan lingkungan perusahaan dan manajemen laba dan dampak mekanisme tata kelola perusahaan yang baik terhadap asosiasi tersebut. Menurut Sun,dkk. (2010) ada hubungan signifikan antara pengungkapan lingkungan perusahaan dengan manajemen laba. Kemudian Sun,dkk (2010) juga menemukan bahwa hanya variabel jumlah rapat komite audit yang berpengaruh terhadap hubungan pengungkapan lingkungan perusahaan dan manajemen laba.

Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidakkonsistenan hasil yang terjadi pada penelitian-penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Said,dkk. (2009), Prior,dkk. (2008) serta Sun,dkk. (2010). Penelitian ini memiliki beberapa perbedaan dengan penelitian yang dilakukan oleh Sun,dkk (2010), antara lain adalah tidak digunakannya variabel ukuran dewan direksi (board size) sebagai pengukuran (proxy) dari praktik tata kelola perusahaan yang baik karena disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, di mana perusahaan-perusahaan di Indonesia menerapkan sistem dua tingkat atau two tier board system. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini variabel ukuran dewan direksi (board size) diganti dengan variabel dewan komisaris dengan menggunakan proxy yaitu proporsi dewan komisaris independen dan rapat dewan komisaris. Selain itu perbedaan penelitian ini adalah penggantian praktik tata kelola perusahaan yang baik dari variabel moderating menjadi variabel independen. Serta menambahkan variabel ukuran komite audit dalam praktik tata kelola perusahaan yang baik.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan industri sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2011. Total pengamatan adalah 38 perusahaan pertambangan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rapat dewan komisaris dan ukuran komite audit berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan perusahaan. Sementara itu, proporsi komisaris independen, jumlah pertemuan komite audit, profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan lingkungan perusahaan lingkungan perusahaan.